Pages

Wisata Alam Di Bangli

Hiking Seru Ke Gunung Batur, Kintamani - Bangli


Berdiri dengan tinggi 1.717 meter, Gunung Batur adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Gunung ini memiliki kaldera besar yang dianggap salah satu yang terbesar dan paling indah di dunia. Kaldera ini terbentuk setelah dua letusan besar 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu. Gunung hitam kering ini masih memiliki nafas dan memberikan hidup kepada masyarakat di sekitarnya.
http://www.travelsteez.com/wordpress/wp-content/uploads/2014/03/Batur-Bali.jpg
Pesona Gunung Batur
Terletak di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli, gunung ini telah meletus sebanyak 26 kali sejak 1804. Letusan terbesar adalah pada tahun 1926 yang menyebabkan Desa Batur ditutupi oleh lava. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2000, tapi untungnya itu bukanlah letusan yang besar. Jadi Desa Batur yang terletak di sebelah selatan gunung berapi yang ada sekarang adalah sebuah desa baru yang dibangun setelah letusan.
Selain wisata yang tumbuh karena keindahan gunung berapi, kaldera, dan air danau juga merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat. Jika anda pergi di sepanjang jalan sempit menuju kaldera, anda akan bertemu truk penuh dengan pasir hitam yang berasal dari kaldera. Mereka adalah penambangan pasir hitam untuk dijual di kota atau bahkan menjualnya ke pulau lain. Air danau adalah sumber utama untuk irigasi untuk pertanian di tepi danau dan juga di desa-desa di dekatnya. Pada dasarnya tanah yang di daerah ini kering, tetapi tanahnya subur karena mengandung beberapa mineral yang datang dari gunung berapi. Jadi jika anda berjalan-jalan di tepi danau, anda dapat melihat kubis hijau tumbuh dan jenis sayuran lainnya. Juga danau adalah rumah untuk beberapa jenis ikan air tawar, sehingga nelayan banyak yang membuat pembenihan ikan di danau untuk menciptakan lingkungan yang layak bagi ikan agar dapat tumbuh sehat. Kemudian ikan-ikan ini disajikan di restoran di sekitar daerah tersebut atau digunakan untuk konsumsi sendiri oleh nelayan-nelayan tersebut.
Rasakan nafas gunung dengan menjadi bagian dari pemandangan yang indah di Gunung Batur.

Perjalanan Menuju Gunung Agung 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPGAwsfgYUJILuoOPwYgO9AcZxJyk0czR6qNUrv0gEy18xUSlSrM318gPCZ6Qr3GngECQUjOg482HIWGAP3ObbbqY-kum2QuTudluPXHFTkgl9Ya6p9oDHlGrjVShkge55CockDy-xMi0/s1600/alam13.jpg
Jalur Mengelilingi Kawah
Salah satu tips aman dan penting untuk mendaki gunung Batur (Kintamani)  adalah menggunakan jasa pemandu atau guide. Masih banyak juga yang masih nekat mendaki sendiri, tanpa jasa pemandu. Mereka biasanya mengabaikan unsur keselamatan sendiri. Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur (HP2GB) pun sebagai himpunan pemandu Gunung Batur, sangat menyarankan untuk setiap turis yang mendaki gunung agar menggunakan jasa pemandu.
Itu semata-mata untuk keselamatan pendaki. Setiap pendaki saat ini dikenakan biaya Rp. 75.000/orang dan setiap pemandu biasanya mengajak 2 hingga 5 orang pendaki.Pendakian Gunung Batur biasanya mulai sekitar jam 4 pagi dan waktu yang diperlukan untuk mencapai puncak kira-kira 1,5 jam. Tinggi Gunung Batur adalah 1717 meter. Berdasarkan informasi yang dihimpun, rata-rata tiap hari pendaki berjumlah hingga 70 orang.
Mendaki Gunung Batur – Bali. Jika anda pecinta alam dan seorang adventure, kami tawarkan paket petualang adventure di bali, mendaki Gunung Batur yang terletak di Kintamani, Bangli. Gunung Batur salah satu gunung api yang masih aktik dengan ketinggian kira-kira 1717 meter diatas permukaan air laut. Menurut catatan sejarah, Gunung Batur telah beberapa kali metelus diantara tahun 1917, 1926, 1965, 2004. Letusan tahun 1926 yang terbesar menelan banyak korban jiwa.
Gunung Batur terletak di barat laut Gunung Agung. Panorama Gunung Batur sungguh mempesona dengan dikelilingi oleh kaldera berukuran kurang lebih 13,8 X 10 km dan merupakan salah satu terbesar dan terindah di dunia. Pemandangan indah ini akan dilengkapi dengan Danau Batur yang merupakan danau terluas di Bali. Di sisi timur Danau Batur terletak desa tradisional Bali kuno, Desa Trunyan yang memiliki tradisi unik.
Keindahan alam Bali khususnya Gunung Batur ini kami tawarkan kepada Anda dalam paket adventure Mendaki Gunung Batur sambil menikmati matahari terbit.
Setelah melapor di Pos Pendakian, petualangan mendaki Gunung Batur akan segera dimulai dan ditemani oleh guide local yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur (HP2GB). Pendakian ke Puncak Gunung Batur ditempuh kurang lebih 2 jam dan di sini, Anda akan menikmati pemandangan merahnya langit timur sebagai tanda akan terbitnya matahari pagi. Juga anda akan disuguhkan pemandangan Gunung Agung bersama puncak Gunung Rinjani yang ada di Lombok .
http://media.viva.co.id/thumbs2/2009/10/20/78236_kawah_ijen_di_banyuwangi__jawa_timur_663_382.jpg
Kawah
Dari atas Gunung Batur, dapat pula kita lihat pemandangan Danau Batur, kawah Batur, Gunung Agung, lahar yang telah dingin, Gunung Penulisan dan perbukitan yang luas. Setelah menikmati matahari terbit perjalanan dilanjutkan dengan naik ke puncak yang lebih tinggi guna menikmati demo memasak telur atau pisang pada air panas yang di keluarkan oleh Gunung Batur.





 Sumber : https://gunungkuindonesiaku.wordpress.com/gunung-batur-bali/jalur-gunung-batur/ dan http://www.pawongan.com/id/bali-tour-destination/nature-tourism/mount-batur/


0 komentar:

Posting Komentar

About me

Indah Itu Bukan Tentang Bagaimana Kita Melihatnya, tapi Tentang Bagaimana Kita Meraskannya

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

MyFacebook

anhaadhedhit@yahoo.com

Popular Posts

Flickr Images

Facebook

Popular Posts